Pesan

Selamat Datang di blog untuk Kota Ilmu Komputer. Disini saya akan menyediakan tutorial-tutorial mengenai software-software komputer. Jika ada artikel yang kurang sampaikan di kolom komentar. Orang yang mau ikhlas membaca, maka ia akan mendapat ilmu yang bermanfaat dan pahala yang berlipat. Tolong sebarkan pula link ini kepada sahabat-sahabat kalian, dan tak perlu di rahasiakan karna berbagi itu indah. Tempat yang indah untuk berbagi adalah melalui internet, dan untuk kemajuan kami, tolong tinggalkan pesan di kolom komentar agar anda betah dan tak bosan dengan blog yang sederhana ini. Selamat menjelajah dan Terimakasih...

Senin, 14 September 2015

Membuat Input dan Output Pada Pemrograman Java

Pemrograman beorientasi objek menggunakan java membutuhkan penguasaan, terutama pada pemrograman dasar. Kali ini saya akan memberikan ilmu berupa meminta input dan menampilkan tulisan pada bahasa Java. Jika pada bahasa C dikenal dengan perintah scanf("%d / %f", &variabel int / variabel float); dan printf("tulisan"); .
Pada bahasa Java memiliki sedikit perbedaan, yaitu dari bahasa penulisan dan cara penulisan. Jika pada C kita menggunakan printf("tulisan"); , pada bahasa Java kita menggunakan System.out.println("tulisan"); . Dan ketika kita meminta input int pada bahaasa C kita menuliskan scanf("%d", &variabel_int); , pada perintah scan bahasa java tidak semudah di C. Kita harus menuliskan script import java.util.Scanner; pada bagian atas atau baris ke 1, yaitu sebagai pemanggil perintah scan.

Saya akan berikan contoh membuat program spesifikasi kendaraan Yamaha, pertama kita buat dulu class spesifikasi motor Yamaha. Saya menggunakan applikasi Eclipse, untuk membuat class caranya klik fiile -> new -> class. Saya beri judul yamaha. Script pada kelas tersebut adalah :


public class Yamaha { //judul class
//selanjutnya input variabel
String nama;
String jenis;
int kecepatan;
String warna;
//output program :
void infoYamaha()
{
System.out.println("Nama motor : "+nama);
System.out.println("Jenis motor : "+jenis);
System.out.println("Kecepatan maksimal : "+kecepatan);
System.out.println("Warna motor : "+warna);

}
}


Selanjutnya kita buat main program-nya. Klik file -> new -> class, lalu beri judul kelas tersebut bebas, dan pada bagian "which method stubs would you like to create?" centang box public static void main(Sring[] args") dan OK

Selanjutnya script pada main program seperti ini :

import java.util.Scanner; //pendukung untuk menggunakan perintah scanner atau input


public class Spesifikasi_motor {

    public static void main(String[] args) {
        // TODO Auto-generated method stub
Yamaha motor = new Yamaha(); //load class
Scanner s = new Scanner(System.in);
System.out.println("Nama : ");
motor.nama=s.nextLine();
System.out.println("Jenisnya: ");
motor.jenis=s.nextLine();
System.out.println("Warna motor: ");
motor.warna=s.nextLine();
System.out.println("Kecepatan maksimal: ");
motor.kecepatan=s.nextInt();
System.out.println("Bahan bakar : ");

motor.infoYamaha();
    }

}


kemudian run main programnya. Sekian tutorial dari saya, semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar