Pesan

Selamat Datang di blog untuk Kota Ilmu Komputer. Disini saya akan menyediakan tutorial-tutorial mengenai software-software komputer. Jika ada artikel yang kurang sampaikan di kolom komentar. Orang yang mau ikhlas membaca, maka ia akan mendapat ilmu yang bermanfaat dan pahala yang berlipat. Tolong sebarkan pula link ini kepada sahabat-sahabat kalian, dan tak perlu di rahasiakan karna berbagi itu indah. Tempat yang indah untuk berbagi adalah melalui internet, dan untuk kemajuan kami, tolong tinggalkan pesan di kolom komentar agar anda betah dan tak bosan dengan blog yang sederhana ini. Selamat menjelajah dan Terimakasih...

Sabtu, 21 November 2015

Membuat Sistem Informasi Perpustakaan

Selamat pagi sobat cyber.. Masih dengan saya penulis blog ini yang pada kesempatan kali ini akan memberikan tutorial membuat "Sistem Informasi Perpustakaan". Pertama siapkan komputer atau laptop untuk coding, buka software pemrograman anda. Di sini saya membuat Sistem iniformasi perpustakaan dengan aplikasi Eclipse. Saya membuat program ini sesuai UML yang bisa dilihat disini.

Langsung saja kita java project terlebih dahulu, kemudian buat class-class nya. Di UML telah di tampilkan ada 4 Class, yaitu Peminjaman, Mahasiswa, Buku, dan Komik. Serta tambahan 1 class lagi untuk mainclass nya.

Kita mulai dari yang paling atas yaitu
Peminjaman. Disini terdapat method buku dipinjam dan anggota, serta atribut lihat data peminjaman dan pinjam. perhatikan gambar di samping, "Peminjaman" adalah class, kemudian baris kotak kedua adalah method, baris kotak ketiga adalah atribut atau operasinya.





Kita buat Class dengan nama Peminjaman, scriptnya sebagai berikut :
public class Peminjaman
{
    public Buku bukuDipinjam;
    public Mahasiswa anggota;
    
    void peminjaman (Mahasiswa member, Buku book)
    {
        anggota=member;
        bukuDipinjam=book;
    }
    
    void lihatdatapeminjaman ()
    {
        System.out.println ("DATA PEMINJAMAN BUKU");
        System.out.println ("NIM : " +anggota.getNIM());
        System.out.println ("Nama : " +anggota.getName());
        System.out.println ("Alamat : " +anggota.getAddress());
        System.out.println ("Judul Buku : " +bukuDipinjam.getTitle());
        System.out.println ("Nama Penulis : " +bukuDipinjam.getWriter());
    }
}

Selanjutnya adalah class mahasiswa, buat class dengan nama Mahasiswa scriptnya sebagai berikut :

public class Mahasiswa//harus sesuai dengan judul class
{
    private int nim;
    private String address;
    private String name;    

    public void setNIM (int nim)//menentukan NIM
    {
        this.nim=nim;
    }
    
    public int getNIM()//mendapatkan data. set dan get saling berhubungan
    {
        return nim;
    }

    public void setName (String nama)
    {
        this.name=nama;
    }

    public String getName()
    {
        return name;
    }
    
    public void setAddress(String alamat)
    {
        this.address=alamat;
    }

    public String getAddress()
    {
        return address;
    }
}

Selanjutnya pada class buku yang di dalamnya berisi judul dan pengarangnya. Buat class bernama Buku, scriptnya seperti berikut :

public class Buku
{
    protected String title;
    protected String writer;
    
    public void setTitle (String title)
    {
        this.title=title;
    }
    
    public String getTitle()
    {
        return title;
    }
    
    public void setWriter (String writer)
    {
        this.writer=writer;
    }
    
    public String getWriter ()
    {
        return writer;
    }
}

Selanjutnya kita buat subclass dari buku yang bernama komik, buat class baru bernama Komik scriptnya seperti berikut ini :


public class Komik extends Buku //extends merupakan script turunan atau subclass dari super classnya
{
    Boolean gambar;
}

Setelah semua selesai, cek lagi script yang dimasukan, jangan sampai salah 1 karakterpun serta save projek kalian. Setelah semuanya beres, buat class main programnya dengan nama PeminjamanMain, scriptnya sebagai berikut :


public class PeminjamanMain
{
    public static void main (String [] args)
    {
        Buku bukuku=new Buku();
        Mahasiswa siswa=new Mahasiswa();
        Peminjaman pinjam=new Peminjaman();
        Komik book=new Komik();
        
        siswa.setNIM (85);
        siswa.setName ("Mahya Azka");//isikan nama anda
        siswa.setAddress ("Kendal");//isikan kota anda
        
        bukuku.setTitle("Object Oriented Programing");//nama buku
        bukuku.setWriter ("Simon Kendal");//penulis buku
        
        book.setTitle("Object Oriented Programming dengan Java");
        book.setWriter("Firman Hidayat");
        
        pinjam.peminjaman (siswa, bukuku);
        pinjam.lihatdatapeminjaman();
        
        pinjam.peminjaman (siswa, book);
        pinjam.lihatdatapeminjaman();
    }
}

Teks berwarna merah bisa diganti sesuai keinginan anda. Jika semua sudah selesai run programnya, akan tampak seperti berikut :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar